SANGUL, Margaretha Elisa (2022) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII Di SMP Katolik St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (542kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (197kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh peserta didik melalui kegiatan belajar dan dinyatakan dalam bentuk nilai. Salah satu masalah Pokok dalam pembelajaran pada pendidikan dewasa ini adalah Rendahnya daya tangkap peserta didik sehingga nilai yang diperoleh tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Rendahnya hasil belajar peserta juga disebabkan karena peserta didik masih terpaku pada teks selama proses pembelajaran dan malu untuk bertanya serta pembelajaran masih berpusat pada Guru. Pembelajaran IPA, khususnya Biologi sudah seharusnya menekankan pada pemberian secara langsung. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah Rendahnya hasil belajar peserta didik maka perlu dibantu untuk meningkatkan sejumlah keterampilan proses agar peserta didik mampu memahami dan mengingat secara mendalam dari apa yang telah dipelajari. Penggunaan model pembelajaran yang tepat selain meningkatan hasil belajar peserta didik juga mampu memicu sejumlah keterampilan proses yang dimiliki oleh peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII di SMP Katolik St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah pretest dan postest dengan kelompok pengendalian tidak diacak. Data dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi dan test hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model discovery learning sebesar 84,29 sedangkan perlakuan dengan model pembelajaran langsung sebesar 71,96. Berdasarkan nilai sebesar 84,29 maka hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh Penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai Probalitas signifikan 0,000
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Model Discovery Learning, Sistem Ekskresi Pada Manusia, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Pd Margaretha Elisa Sangul |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 02:57 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 02:57 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8626 |
Actions (login required)
View Item |