Peran Dinas Perikanan Dan Kelautan Sebagai Motivator Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayandi Daerah Pesisir Marapokot Kabupaten Nagekeo

Meas, Constantino Erwin Dua (2017) Peran Dinas Perikanan Dan Kelautan Sebagai Motivator Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayandi Daerah Pesisir Marapokot Kabupaten Nagekeo. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK ( HALAMAN JUDUL-DAFTAR ISI DAN DAFTAR TABEL).pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB V_opt.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peran Dinas Perikanan Dan Kelautan Sebagai Motivator Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Pesisir Marapokot Kabupaten Nagekeo? Dengan tujuan untuk menggambarkan peran Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai motivator dalam pemberdayaan masyarakat nelayan di pesisir maropokot, Kabupaten Nagekeo. Kegunaan teoritis dari penelitian ini adalah agar hasil penelitian diharapkan bermanfaat dan menambah pengetahuan serta kepustakaan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, berkaitan dengan Peran Dinas Kelautan dan Perikanan dalam pemberdayaan masyarakat nelayan di daerah pesisir, kegunaan praktis sebagai bahan masukan dan pemikiran Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menentukan langkah strategis dalam memberdayakan para nelayan di Desa Maropokot, Kabupaten Nagekeo. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ditemukan dilapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan teknik pemilihan informan maka informan kunci pada penelitian ini adalah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabid perikanan tangkap, Kabid perikanan budidaya, Kepala Desa Maropokot, tokoh masyarakat dan para nelayan maropokot. Peran Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai motivator yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu berupa motivasi yang berkaitan dengan upaya-upaya untuk menggerakan para nelayan yang dilihat dari dua aspek yakni (1) Aspek pelatihan dengan indikator study banding, workshop, pelatihan, mengevaluasi kembali hasil pelatihan dalam satu tahun. (2) Aspek Modal dengan indikatornya pemberian modal kepada nelayan, bentuk pemberian modal, mengevaluasi kembali pemberian modal tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa peran Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai motivator dalam pemberdayaan masyarakat nelayan di Maropokot dilihat dari dua aspek pelatihan dan pemberian modal belum direalisasikan dengan baik kepada para nelayan, kurangnya suatu perencanaan yang terprogram dan berkesinambungan. Nelayan merasa ditipu oleh janji-janji manis dari dinas Kelautan dan Perikanan. Kebanyakan nelayan harus berutang kepada pihak swasta seperti koperasi dll. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai motivator dalam pemberdayaan masyarakat nelayan di daerah pesisir Maropokot, Kabupaten Nagekeo masih sangat rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:49
Last Modified: 20 Nov 2019 04:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item