Peningkatan Kemampuan Membaca Notasi Balok Dengan Lagu Model ‘Mai Fali E’ Menggunakan Sistem Fixed-Do Dengan Nada Dasar Do = F Dan Nada Dasar Do = G Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang Melalui Metode Solfegio

KEHI, Leonardus (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Notasi Balok Dengan Lagu Model ‘Mai Fali E’ Menggunakan Sistem Fixed-Do Dengan Nada Dasar Do = F Dan Nada Dasar Do = G Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang Melalui Metode Solfegio. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)

Abstract

Pembelajaran membaca notasi balok menggunakan sistem fixed-do pada mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik ini adalah salah satu kegiatan pembelajaran sekaligus pengembangan kemampuan mahasiswa dalam membaca notasi balok yang dimilikinya. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana efektivitas metode solfegio dalam pembelajaran solmisasi dengan sistem fixed-do? dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi balok dengan lagu model „Mai Fali E‟ menggunakan sistem fixed-do dengan nada dasar do=f dan nada dasar do=g pada mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang melalui metode solfegio? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan metode solfegio dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca notasi balok menggunakan sistem fixeddodengan lagu model „Mai Fali E„ dan bagaimana proses pembelajarannya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran membaca notasi balok menggunakan sistem fixed-do berlangsung dalam 2 (dua) tahapan, yaitu yang pertama tahapan pra-pembelajaran yang difokuskan pada perekrutan anggota dan penentuan jadwal latihan. Tahapan yang kedua yaitu tahap pelaksanaan pembelajaran. Dalam tahapan ini penelitian difokuskan pada pemberian materi sistem fixed-do dan materi nilai-nilai not, proses latihan membaca notasi balok menggunakan sistem fixed-dosampai pada pementasan hasil latihan. Metode pembelajaran yang digunakan bukan hanya metode solfegio akan tetapi disandingkan dengan metode meniru sebagai metode pendukung. Berdasarkan hasil penelitian, upaya peningkatan kemampuan membaca notasi balok dengan lagu model „Mai Fali E‟ menggunakan sistem fixed-do dengan nada dasar do=f dan nada dasar do=g pada mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang melalui metode solfegio ini berhasil. Hal ini terbukti dari hasil pementasan membaca notasi balok menggunakan sistem fixed-do.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode solfegio, sistem fixed-do, sillaby kromatis, notasi balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:42
Last Modified: 13 Sep 2022 05:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item