Pembelajaran Tari Ndundundake Kreasi Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Pada SMP Negeri 1 Komodo Labuan Bajo Melalui Metode Drill Tahun Pelajaran 2014/2015

MUR, Margareta (2015) Pembelajaran Tari Ndundundake Kreasi Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Pada SMP Negeri 1 Komodo Labuan Bajo Melalui Metode Drill Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)

Abstract

Seni tari merupakan salah satu kegiatan dari sekian banyak kegiatan ekstrakurikuler yang dijalankan pada SMP Negeri I Komodo Labuan Bajo. Selain untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya, juga mendidik, membina, melatih para siswa sebagai generasi penerus bangsa untuk menjadi manusia` yang menghargai, mencintai dan rasa memiliki serta melestarikan budayanya sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses Pembelajaran Tari Ndundundake Kreasi dalam kegiatan Ekstrakurikuler Pada SMPNegeri 1 Komodo Labuan Bajo Melalui Metode Drill? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Pembelajaran Tari Ndundundake Kreasi sebagai kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Komodo Labuan Bajo Melalui Metode Drill. Jenis penelitian ini bersifat kualitatf. Dan metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan lapangan. Untuk memperoleh data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Tari Ndundundake kreasi pada SMP Negeri I Komodo Labuan Bajo dilasanakan melalui Langkah-langkah sebagai berikut: (1).Pengenalan ragam gerak tari (Melatih seluruh ragam gerak tari Ndundnundake kreasi). (2). Memperagakan ragam gerak ndundundake kreasi dengan hitungan (latihan memeperagakan gerak tari dengan hitungan yang telah ditentukan). (3). Memperagakan gerak tari Ndundundake kreasi dengan hitungan dan pola lantai (memperkenalkan satu demi satu pola lantai dalam tari ini sambil siswa memperagakan gerak tari sesuai pola lantai yang telah ditentukan). (4) Memperagakan gerak tari dengan hitungan dan pola lantai serta iringan musik ( melatih anak untuk dapat memperagakan ragam tarinya sesuai dengan irama musik yang dibunyikan).langkah kelima (5). melaksanakan Pementasan (Memperagakan gerak tari Ndundundake kreasi berdasarkan bentuk tata pentas yaitu dengan pola lantai, iringan musik, tata busana dan tata rias.)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tari Kreasi, Ndundundake, Ekstrakurikuler, SMP Negeri I Komodo, Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:47
Last Modified: 13 Sep 2022 05:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8694

Actions (login required)

View Item View Item