Pembelajaran Sendratari “Nekettane” Pada Siswa-Siswi Minat Tari Kelas VIII SMPK Lewolema Keluwain, Adonara Timur Melalui Metode Meniru

KEREN, Maria Octaviona Nugi (2015) Pembelajaran Sendratari “Nekettane” Pada Siswa-Siswi Minat Tari Kelas VIII SMPK Lewolema Keluwain, Adonara Timur Melalui Metode Meniru. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)

Abstract

Sendratari “nekettane” merupakan salah satu tarian yang mengisahkan tentang proses terjadinya kain tenun sejak zaman nenek moyang tepatnya di lamaholot adonara Timur, yang menceritakan tentang buah kapas yang dipetik dari pohonnya kemudian dibentuk dan diolah menjadi sebuah helaian benang dan siap untuk dibentuk dan ditenun menjadi sebuah sarung yang disebut dengan kain kwatek. Salah satu upaya pembelajaran sendratari “nekettane”, khususnya pada siswa SMPK, yakni melalui pembelajaran, antara lain seni tarian daerah sekaligus untuk mengetahui minat dan bakat yang dimiliki siswa di sekolah dengan tujuan agar mereka dapat mewarisi budaya daerahnya, dan bisa lebih mengenal tarian adat khususnya sendratari ini. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengajarkan sendratari “nekettane” pada siswa-siswi minat tari SMPK Lewolema melalui metode meniru, dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran tarian tersebut, serta cara yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dan mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa pada saat mempelajari tarian tersebut, serta mengetahui cara yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dideskripsikan secara lengkap untuk menjawabi permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam proses mengajarkan sendratari “nekettane” kepada siswa-siswi minat tari SMPK Lewolema, Keluwain, Adonara Timur dengan menerapkan metode pelatihan yang tepat dan secara berulang-ulang sehingga siswa dapat mengikuti dan mempraktekkan sendratari tersebut dengan benar. Dalam proses ini guru memberikan gerakan sesuai lagu, kemudian siswa mengikuti dan memperagakan gerakan sesuai lagu dan hitungan yang telah disepakati. Meskipun kekurangan dalam kelenturan tubuh, tetapi siswi SMPK bisa melakukan tarian sesuai dengan lagu dan hitungan, dan saling menyesuaikan sehingga dapat menyajikan dengan kompak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sendratari, Nekettane, minat dan bakat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:56
Last Modified: 13 Sep 2022 05:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8701

Actions (login required)

View Item View Item