TUBBE, Yosi Nike (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Materi Pokok Pengukuran Pada Peserta Didik Kelas X Mia4 Semester Ganjil Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
Abstrak.pdf Download (904kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (114kB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X MIA 4 semester ganjil SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X MIA 4 semester ganjil SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 4 dengan jumlah 33 peserta didik dan guru (peneliti). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes, angket, dan penilaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan afektif dan psikomotor, lembar tes hasil belajar kognitif, lembar penilaian perencanaan dan evaluasi pembelajaran, serta lembar isian respon peserta didik.Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif yang meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi, dan persentase. Berdasarkan analisis deskriptif dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah optimal untuk materi pokok Pengukuran pada peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 5 Kupang dengan rincian yakni kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik. Keterampilan kooperatif peserta didik dalam pembelajaran berada pada kriteria toleransi batasan efektivitas. Indikator hasil belajar peserta didik secara keseluruhan tuntas. Hasil belajar peserta didik secara keseluruhan tuntas. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran berada dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, Pengukuran, Pengelolaan Pembelajaran, Hasil Belajar, Respon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 05:58 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 05:58 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8702 |
Actions (login required)
View Item |