Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas Viib Semester Ganjil Smp Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

VENI, Yustina (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas Viib Semester Ganjil Smp Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)

Abstract

Inkuiri terbimbing merupakan suatu model yang memberikan kesempatan kepada peserta didik sebagai subjek belajar. Pengetahuan peserta didik dibangun dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Dengan belajar penemuan, peserta didik juga bisa belajar berpikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri problem yang dihadapi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing materi pokok Suhu dan Perubahannya pada peserta didik kelas VIIB semester ganjil SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Secara spesifik masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kemampuan pendidik dalam dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017? 2). Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? 3). Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? 4). Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Secara spesifik tujuan penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut: 1). Mendeskripsikan kemampuan pendidik dalam dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. 2).Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. 3). Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. 4). Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Suhu dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIB Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subyek penelitian ini adalah pendidik (peneliti) dan peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Kisi-kis dan Tes Hasil Belajar (THB) dan Angket Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Suhu dan Perubahan, Deskriptif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:59
Last Modified: 13 Sep 2022 05:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8703

Actions (login required)

View Item View Item