Pelatihan Keterampilan Mendireksi Lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” Pada Siswa Kelas VI SD Inpres Ratesuba, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende Melalui Metode Kooperatif Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler

MBEMBE, Paskaliana (2015) Pelatihan Keterampilan Mendireksi Lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” Pada Siswa Kelas VI SD Inpres Ratesuba, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende Melalui Metode Kooperatif Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)

Abstract

Pada dasarnya kemampuan mendireksi atau membirama sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang dalam memimpin sebuah paduan suara. Siswa SDInpres Ratesuba, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende perlu diberi bekal keterampilan mendireksi lagu-lagu nasional yang biasa dinyanyikan di sekolah, termasuk lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Atas dasar inilah peneliti terdorong melakukan penelitian dengan judul “Pelatihan Keterampilan Mendireksi Lagu “SATU NUSA SATU BANGSA” pada Siswa Kelas Enam SD Inpres Ratesuba, Kecamatan Mauakaro, Kabupaten Ende melalui Metode Kooperatif sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler”. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana upaya pelatihan keterampilan mendireksi Lagu “SATU NUSA SATU BANGSA” pada siswa SDI Ratesuba, Kecamatan Maukaro dilakukan melalui metode kooperatif sebagai kegiatan ekstrakurikuler?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan keterampilan mendireksi pada siswa kelas enam SDI Ratesuba, Kecamatan Maukaro menggunakan metode kooperatif sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini adalah penelitian tindakan lapangan yang bersifat kualitatif. Data yang diperlukan diperoleh penulis melalui teknik studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka berkaitan dengan sumber-sumber tertulis mengenai teknik dalam mendireksi. Studi lapangan berkaitan erat dengan data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi pada saat pelatihan. Data termaksud kemudian dianalisis dan dipaparkan secara deskriptif-kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan mendireksi lagu “SATU NUSA SATU BANGSA” pada siswa kelas enam SDI Ratesuba, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende yang dilakukan melalui metode kooperatif berdasarkan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi yang baik telah memberi hasil yang efektif dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, mendireksi, keterampilan, siswa kelas enam SDI, metode kooperatif, ekstrakurikuler
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:10
Last Modified: 14 Sep 2022 06:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item