TAUS, Simon P. (2015) Penerapan Metode Lima Langkah Aransemen Musik dalam Lagu Bolelebo untuk Ansambel Campuran Tingkat SMA. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (530kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) |
Abstract
Ansambel musik sekolah adalah permainan musik bersama oleh anak-anak sekolah dengan menggunakan alat-alat musik yang terdapat di sekolah. Dalam proses penggarapan aransemen musik ansambel campuran penulis diharuskan menggunakan metode yang tepat, oleh karena itu penulis menggunakan metode lima langkah aransemen musik dengan tujuan untuk melatih peserta didik agar dapat memainkan dan sekaligus bisa membaca notasi musik karena kebanyakan siswa lebih cendrung menghafal Cantus Firmusnya. Metode lima langkah aransemen musik sangat membantu penulis dalam proses penggarapan sebuah aransemen karena langkah-langkah aransemen dalam metode tersebut sudah terarah dengan baik dan penulis lebih mudah dalam proses penggarapan aransemen musik. Dalam mengaransemen lagu Penulis memilih lagu Bolelebo untuk diaransemen karena lagu Bolelebo merupakan salah satu lagu daerah yang populer. Kemudian tingkat kesulitan lagu Bolelebo masih bisa dijangkau oleh pesreta didik. Melodi lagu Bolelebo mudah diingat dan mudah ditangkap oleh peserta didik, karena lagunya tidak rumit dan perjalanan akordnya dari Mayor langsung menuju Minor itu adalah perjalanan akord yang menarik sehingga mudah dikenal dan dipahami oleh peserta didik. Perumusan ide yang diangkat dalam aransemen ini adalah: menerapkan Metode Lima Langkah Aransemen Musik dalam mengaransemen Lagu Bolelebo untuk Ansambel Campuran Tingkat SMA. Berdasarkan perumusaan ide di atas maka tujuan dari proses kerja aransemen ini adalah: Penerapan Metode Lima Langkah Aransemen Musik dalam mengaransemen Lagu Bolelebo untuk Ansambel Campuran Tingkat SMA dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memainkan instrumen musik sekolah (ansambel campuran). Berdasarkan hasil karya aransemen dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan metode Lima Langkah Aransemen Musik dalam lagu Bolelebo untuk ansambel campuran tingkat SMA meliputi, langkah pertama: konsep aransemen, langkah kedua: aransemen awal, langkah ketiga: memodifikasi dan menciptakan ide - ide baru, langkah keempat: aransemen lanjut, langkah kelima: evaluasi dan revisi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | musik ansambel campuran , metode lima langkah aransemen musik, lagu model . |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:17 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:17 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8723 |
Actions (login required)
View Item |