Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Pada KFC Kampung Solor Kota Kupang

PEDON, Adelbertin (2022) Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Pada KFC Kampung Solor Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (523kB)

Abstract

Semakin banyak restoran cepat saji saat ini yang berada di Kota Kupang menyebabkan peningkatan persaingan antar restoran cepat saji yang lain untuk berlomba menawarkan berbagai varian menu baru, salah satunya adalah KFC Kampung Solor Kota Kupang. KFC menerima penghargaan the best faast food dan penghargaan award, tetapi tingkat kunjungan ke KFC Kampung Solor Kota Kupang selama tahun 2020 cenderung menurun, ini dikarenakan semakin banyak restoran cepat saji yang beredar dengan varian menu yang berbeda membuat konsumen lebih selektif dalam membeli makanan cepat saji. Hal ini yang diduga menyebabkan Konsumen yang berkunjung di KFC Kampung Solor Kota Kupang cenderung menurun. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tanggapan konsumen tentang inovasi produk, kualitas pelayanan, harga dan keunggulan bersaing pada KFC Kampung Solor Kota Kupang?, (2) Apakah inovasi produk, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada KFC Kampung Solor Kota Kupang?, (3) Apakah inovasi produk, kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada KFC Kampung Solor Kota Kupang? Penelitian ini dilakukan di Kota Kupang dengan jumlah sampel 112 orang konsumen dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner dalam bentuk google form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS Statistics version 21. Hasil penelitian ini menggambarkan rata-rata skor dari analisis deskriptif untuk variabel inovasi produk sebesar 68,87%, variabel kualitas pelayanan sebesar 72,40%, variabel harga sebesar 70,63% dan variabel keunggulan bersaing sebesar 69,78% , semuanya dikategorikan baik. Hasil uji t untuk variabel inovasi produk sebesar 0,140 menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Variabel kualitas pelayanan sebesar 0,013 dan harga sebesar 0,000, nilai signifikan ini lebih kecil dari alfa (0,05), sehingga ke duanya berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil uji simultan (F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 108.056 dengan tingkat signifikansi 0,000 menunjukkan variabel inovasi produk, kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh kontribusi pengaruh variabel inovasi produk, variabel kualitas pelayanan dan variabel harga terhadap keunggulan bersaing pada KFC Kampung Solor Kota Kupang adalah sebesar 74,3%, sedangkan sisanya sebesar 25,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis, disarankan kepada KFC Kampung Solor Kota Kupang untuk meningkatkan inovasi produk dengan menambahkan varian produk lokal sesuai dengan kearifan lokal Kota Kupang, seperti sambal nusantara dan se’i. KFC Kampung Solor Kota Kupang disarankan lebih memperhatikan kualitas pelayanan, seperti mampu memikat hati konsumen untuk terus berkunjung dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan ramah serta mengerti apa yang diinginkan konsumen. KFC Kampung Solor Kota Kupang disarankan memberikan harga sesuai dengan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Keunggulan Bersaing.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Adelbertin Aprilia Pedon
Date Deposited: 15 Sep 2022 00:20
Last Modified: 15 Sep 2022 00:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8738

Actions (login required)

View Item View Item