Peran Pendamping Desa Sebagai Fasilitator Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Di Desa Kezewea Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada

MITE, Rikhardus (2018) Peran Pendamping Desa Sebagai Fasilitator Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Di Desa Kezewea Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK ( HALAMAN JUDUL-DAFTAR ISI DAN DAFTAR GAMBAR).pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (112kB)

Abstract

Permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalahbagaimana Peran Pendamping Desa Sebagai Fasilitator Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Di Desa Kezewea Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada? Dengan tujuan untuk menggambarkan peran pendamping desa sebagai fasilitator dalam pemberdayaan kelompok tani di Desa Kezewea Kecamatan Golewa SelatanKabupaten Ngada. Kegunaan teoritis dari penelitian ini adalah agar hasi penelitiandiharapkan bermanfaat dan menambah pengetahuan serta kepustakaan dalammengembangkan ilmu pengetahuan, berkaitaan dengan peran pendamping desasebagai fasilitator dalam pemberdayaan kelompok tani di desa Kezewea Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada, kegunaan praktis sebagai bahanmasukan dan pemikiran pendamping desa untuk menentukan langkah strategis dalam memajukan para kelompok tani di Desa Kezewea Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan teknik pemilihan informan maka informan kunci pada penelitian ini adalah Kepala Dinas Pertanian, Kepala Desa Kezewea, ketua kelompok tani, kelompok tani dan masyarakat. Peran pendamping desa sebagai fasilitator yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu berupa motifasi yang berkaitan dengan upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan yang sering dihadapi oleh kelompok tani yang dilihat dari empat aspek yakni (1) aspek fasilitator sebagai narasumber. (2) aspek fasilitator sebagai guru,(3) aspek fasilitator sebagai mediator (4) aspek fasilitator sebagai perangsang.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran pendamping desa sebagai fasilitator dalam pemberdayaan kelompok tani di desa kezewea kecamatan golewa selatan kabupaten ngada dilihat dari empat aspek narasumber,guru, mediator dan perangsang belum direalisasikan dengan baik kepadakelompok tani, kurangnya suatu perancanaan yang terprogram danberkesinambungan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Peran Pendamping DesaSebagai Fasilitator Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Di Desa KezeweaKecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada masih belum direalisasikan denganbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 20 Nov 2019 05:50
Last Modified: 20 Nov 2019 05:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item