Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Melalui Pendekatan Discovery Learning Pada Peserta Didik Kela XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang

ENA, Trifiani Aprilia Bete (2022) Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Melalui Pendekatan Discovery Learning Pada Peserta Didik Kela XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan pendekatan discovery learning pada materi larutan penyangga (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang terhadap pendekatan discovery learning pada materi larutan penyangga (3) Untuk mengetahui angket kepuasan peserta didik terhadap penerapan pendekatan discovery learning pada materi larutan penyangga (4) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang (5) Untuk mengetahui hubungan penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pendekatan discovery learning pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang termasuk dalam kategori baik dengan nilai reliabilitasnya yaitu 98%. (2) Hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 85. (3) Angket kepuasan peserta didik terhadap penerapan pendekatan discovery learning pada materi larutan penyangga termasuk kategori sangat baik dengan persentase 82%. (4) Adanya hubungan yang signifikan terhadap penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga dengan koefisien korelasi sebesar 0,40 (5) Adanya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang dengan persamaan regresi sederhana sebesar Y = 70,338 + 0,173x.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Angket, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Pd Trifiani Aprilia B Ena
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:00
Last Modified: 15 Sep 2022 05:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8744

Actions (login required)

View Item View Item