Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022

YOSETA, Ferdiana (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran dan kegiatan pembelajaran lebih cendrung menggunakan metode mengajar yang hanya ,berpusat pada guru tanpa adanya peran aktif peserta didik. Salah satu Upaya yang ditawarkan Pendidik untuk mengatasi permasalahan terkait hasil belajar rendah adalah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing . Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VIII Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMPN 2 Kupang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretest-postest dengan kelompok pengendalian tidak di acak. data dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing yakni 81,09 sedangkan pembelajaran langsung 62,50. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai probabilitas (sign) 0,000<0,05. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMPN 2 Kupang tahun ajaran 2021/2022. Dimana data hasil analisis one way- anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Ferdiana Yoseta
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:04
Last Modified: 15 Sep 2022 05:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8753

Actions (login required)

View Item View Item