Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pemanasan Global Di SMPK Sta. Familia Sikumana, Kupang Tahun Ajaran 2021/2022

DEO, Magdalena Beatrix Desi Deo (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pemanasan Global Di SMPK Sta. Familia Sikumana, Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang diperoleh secara individu setelah proses belajar berlangsung berupa perubahan keterampilan dan perilaku peserta didik. Hasil belajar digunakan untuk mengetahui sebatas mana peserta didik dapat memahami serta mengerti materi yang disampaikan guru. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, masalah yang ditemukan adalah hasil belajar peserta didik rendah. Rendahnya hasil belajar peserta didik karena dalam proses pembelajaran, peserta didik tidak bersemangat dan merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Solusinya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah media video animasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pemanasan global di SMPK Sta. Familia Sikumana, Kupang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bawa rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 79,07. Sedangkan rata-rata skor posttest pada kelas kontrol sebesar 70,74. Hasil uji anacova menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,000 < 0,05, sehingga H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan H1 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pemanasan global di SMPK Sta. Familia Sikumana, Kupang tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Pembelajaran Video Animasi, Hasil Belajar, Materi Pemanasan Global
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Magdalena Beatrix Desi Deo
Date Deposited: 15 Sep 2022 23:34
Last Modified: 15 Sep 2022 23:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item