Analisis Pengaruh Suku Bunga Dan Biaya Promosi Terhadap Pendapatan Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian Kefamenanu Ttu

BERE, Kresensia Lin (2017) Analisis Pengaruh Suku Bunga Dan Biaya Promosi Terhadap Pendapatan Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian Kefamenanu Ttu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian di perusahaaan umum (perum) pegadaian Kefamenanu, bahwa tingkat suku bunga dan biaya promosi mengalami perubahan sehingga dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan. Oleh sebab itu, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh suku bunga dan biaya promosi terhadap pendapatan perum pegadaian Kefamenanu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya suku bunga dan biaya promosi terhadap pendapatan perum pegadaian Kefamenanu. Penelitian ini dilaksanakan di perum pegadaian Kefamenanu, dengan jangka waktu penelitian selama 6 bulan. Pengaruh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode statistic regresi linear berganda dalam bentuk SPSS untuk menghitung pendapatan perumpegadaian Kefamenanu. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel suku bunga (X₁) dan biaya promosi (X₂) berpengaruh terhadap kinerja (Y) perum pegadaian Kefamenanu. Dari hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa variabel suku bunga (X₁) dan biaya promosi (X₂) berpengaruh terhadap pendapatan (Y) dengan nilai t hitung = 322 variabel biaya promosi (X₂) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan (Y) dengan nilai t terhitung = 4.920. Dari hasil pengujian secara simultan uji (F) menunjukan bahwa variabel suku bunga (X₁) dan variabel (X₂) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan (Y), hal ini ditunjukan oleh nilai f hitung sebesar 12.157. dari hasil uji determinasi(R²) diketahui bahwa kontribusi dari variabel suku bunga (X₁) dan biaya promosi (X₂) terhadap pendapatan (Y) sebesar 0,730 atau 73%. Sedangkan sisanya 27% dipengaruhi oleh variabel lain yang mana variabel tersebut tidak masuk dalam penelitian Dari semua perhitungan diatas maka peneliti menyarankan dalam hal menetapkan suku bunga sangat diperlukan untuk membantu masyarakat pada umumnya denga bunga yang rendah. Sedangkan untuk kegiatan promosi perlu mengefektifkan media masa dan elektronik dengan ditambahkan tenaga penyuluh lapangan yang dapat menjelaskan fungsi dan peranan perum pegadaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Suku Bunga, Biaya Promosi Dan Pendapatan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 15 Sep 2022 00:36
Last Modified: 15 Sep 2022 00:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8809

Actions (login required)

View Item View Item