Komunikasi Antarbudaya Kelompok Etnik Pedagang Di Pasar Baru Atambua, Kelurahan Beirafu, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu ( Studi Gaya Komunikasi Antarbudaya Yang Meminimalisir Potensi Konflik Antara Kelompok Etnik Buna’ Dan Kelompok Etnik Bugis)

NUNES, Radovan P. D. Q. (2019) Komunikasi Antarbudaya Kelompok Etnik Pedagang Di Pasar Baru Atambua, Kelurahan Beirafu, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu ( Studi Gaya Komunikasi Antarbudaya Yang Meminimalisir Potensi Konflik Antara Kelompok Etnik Buna’ Dan Kelompok Etnik Bugis). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (380kB)

Abstract

Multikulturalisme Indonesia yang begitu kental membuat masyarakat dari setiap etnik berusaha untuk mempertahankan eksistensinya agar tidak tergerus baik oleh kemajuan zaman maupun terpaan dari faktor external yang dapat merusak tatanan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu cara pengumpulan informasi dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Informasi yang didapatkan dengan cara wawancara mendalam atau deep interview, dilakukan dengan meminta keterangan dari informan yakni, pedagang etnik Buna’ dan pedagang etnik Bugis serta tokoh masyarakat yanng dianggap mengetahui tentang gaya komunikasi antarbudaya yang terjadi dalam Pasar Baru Atambua. Kajian pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi antarbudaya, pengertian komunikasi, karakteristik komunikasi, konsep kebudayaan, unsur-unsur dalam kounikasi antarbudaya, gaya komunikasi antarbudaya, konflik, pasar dan pedagang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan basicteori yakni 4 gaya komunikasi. Selain itu terdapat pula asumsi dan hipotesis dalam penelitian ini. Asumsi yang dibangun adalah adanya gaya komunikasi antarbudaya yang tercipta antara pedagang etnik Buna’ dan pedagang etnik Bungis di Pasar Baru Atambua. Sedangkan hipotesis meliputi 4 gaya komunikasi yaitu gaya komunikasi pasif, gaya komunikasi agresif, gaya komunikasi asertif dan gaya komunikasi pasif agresif. Indikator dalam penelitian ini, gaya komunikasi pasif meliputi, komunikasi yang tertutup antara pedagang etnik Buna’ dan pedagang etnik Bugis Gaya komunikasi agresif meliputi, aksentuasi seperti lambat cepatnya pengucapan serta keras kecilnya volume suara yang digunakan oleh kedua etnik pedagang yakni Buna’ dan Bugis. Gaya komunikasi asertif , komunikasi yang terbangun antara kedua etnik pedagang bersifat harmonis masing-masing dari kelompok etnik menjaga serta berusaha untuk memelihara diri sendiri dan tidak berusaha untuk saling menganggu. Gaya komunikasi pasif-agresif, masing-msing kelompok etnik berfiat menipu, dalam suatu kegiatan komunikasi meliputi, memendam amarah dengan tidak ingin dilihat oleh kelompok etnik lain, tetapi dengan waktu yang bersamaan mencari jalan untuk menghancurkan kelompok lawan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah gaya komunikasi antarbudaya memang betul terjadi dan berlaku dalam kegiatan komunikasi antara pedagang berbeda etnik yakni Buna’ dan Bugis dalam Pasar Baru Atambua. Masing-masing kelompok tetap berusaha untuk mempertahankan eksistensi kelompoknya, tetapi tidak sampai bersifat etnosentrisme yang dapat memicu terjadinya konflik horizontal, yang dapat merusak interaksi antar sesama pedagang dalam Pasar Baru Atambua. Seluruh indikator digunakan oleh kelompok etnik pdagang dalam Pasar Baru Atambua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Dec 2019 01:36
Last Modified: 05 Dec 2019 01:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item