Penerapan Pendekatan Ketrampilan Proses Materi Pokok Pemuaian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil SMP Beringin Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

BRIA, Maria Serlince (2015) Penerapan Pendekatan Ketrampilan Proses Materi Pokok Pemuaian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil SMP Beringin Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (294kB)

Abstract

Pendekatan Keterampilan Proses adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat menemukan fakta-fakta, konsep-konsep, dan teori-teori dengan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan pendekatan keterampilan proses materi pokok pemuaian pada peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016? Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses materi pokok Pemuaian? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (produk, proses, afektif dan psikomotor) dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses materi pokok pemuaian? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik (produk, proses, afektif dan psikomotor) dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses materi pokok pemuaiani? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses materi pokok pemuaian? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan keterampilan proses materi pokok pemuaian pada peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses materi pokok Pemuaian. 2) Mendeskripsikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses materi pokok pemuaian. 3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses materi pokok pemuaian. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap proses pembelajaran fisika dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses materi pokok Pemuaian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didk kelas VII SMP Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 13 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Lembar Diskusi Peserta Didik dan Kisi-kisi Tes Hasil Belajar. Sedangkan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran pendekatan keterampilan proses, Tes Hasil Belajar (produk, proses, afektif dan psikomotor), Lembar Penilaian Aspek (afektif dan psikomotor) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif (menghitung skor rata-rata, proporsi dan presentase). Bertolak dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru alam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator hasil belajar (produk, proses, afektif dan psikomotor) yang disiapkan adalah tuntas. Hasil belajar peserta didik (produk, proses, afektif dan psikomotor) secara keseluruhan tuntas. Sedangkan respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses berada dalam kategori baik. Berdasarkan uraian di atas, dikemukakan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses materi pokok pemuain diterapkan dengan baik pada peserta didik kelas VII SMP Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 15 Sep 2022 00:42
Last Modified: 15 Sep 2022 00:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item View Item