CINOR, Gregorius (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Koordinasi Pada Manusia Di SMAN 2 Kupang Kelas XI Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (592kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (262kB) |
Abstract
Masalah utama dalam pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang relatif rendah. Proses pembelajaran di sekolah pada umumnya belum menampakan sistem belajar mengajar yang mengajak peserta didik untuk aktif berpikir dan bertindak melakukan penggalian potensi yang ada. Sikap yang demikian mungkin disebabkan karena metode pembelajaran yang gunakan oleh guru kurang bervariasi, serta materi pembelajaran yang relatif lebih sukar. Model pembelajaran Jigsaw mengharuskan peserta didik untuk memahami serta menjelaskan materi kepada teman kelompoknya. Penerapan model pembelajaran ini dapat membuat peserta didik antusias dan aktif, yaitu dengan diberi tugas masing-masing untuk membahas materi dengan kelompok ahlinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem koordinasi pada manusia di SMA Negeri 2 Kupang kelas XI tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi experiment yaitu non-equivalent kontrol grup design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik Kelas XI IPA ( 1-7 ) SMA Negeri 2 Kupang. Sedangkan kelas yang akan dijadikan sampel adalah Peserta didik kelas XI IPA7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai Pretest dan posttest pada kelas eksperimen yang menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw yaitu dari 54,00 menjadi 89,81 sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 35,81 sedangkan untuk rata-rata nilai Pretest dan posttest pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung yaitu dari 52,31 menjadi 84,81 peningkatan nilai sebesar 32,50. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik Pada Materi Sistem Koordinasi Pada Manusia Di SMAN 2 Kupang Kelas XI Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata posttest kelas kontrol dan pada uji anacova diperoleh hasil nilai signifikan 0.001 dimana nilai tersebut berada dibawah nilai taraf signifikan 0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Materi Sistem Koordinasi Pada Manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Pd Gregorius Cinor |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 23:56 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 23:56 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8826 |
Actions (login required)
View Item |