Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP Negeri 20 Kupang

KOTEN, Florentina Urbania (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP Negeri 20 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)

Abstract

Masalah dalam pendidikan adalah rendahnya nilai hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sikap sosial yang dimiliki peserta didik, dikarenakan daya ingat peserta didik yang rendah dan sering kali guru masih menggunakan metode ceramah sehinga peserta didik hanya mendengar dan kurang berpartsipasi aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran di kelas lebih monoton. Hal tersebut membuat peserta didik kurang mengembangkan kemampuan berpikirnya dan sikap sosial yang dimiliki peserta didik seperti tanggung jawab, jujur, disiplin, percaya diri, gotong royong, santun dan toleransi masih kurang dan belum dilatih atau diasah menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA dan sikap sosial peserta didik kelas VIII di UPTD SMP Negeri 20 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi experiment yaitu non-equivalent control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII A – VIII I dengan sampel VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Data hasil belajar diukur dari soal tes hasil belajar dan data sikap sosial diukur dari kuesioner sikap yang diberikan kepada 63 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen yang diberi model pembelajaran inkuiri, memperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu 57,65 dan post-test yaitu 87,34 dengan peningkatan nilai sebesar 29,68. Sedangkan pada kelas kontrol yang diberi model pembelajaran langsung, memperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu 50,48 dan post-test yaitu 78,22 dengan peningkatan nilai 27,74. Pada hasil pengujian anacova dari hasil belajar diperoleh nilai signifikan kelas yaitu 0,004 yang artinya kurang dari taraf signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Hasil dari sikap sosial menunjukkan bahwa pada kelas yang diberi model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai sikap sosial dan kategori sikap sangat baik dari 32 peserta didik dan memperoleh rata-rata skor akhir pada sikap sosial setelah pembelajaran yaitu 90,43 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kelas yang diberi model pembelajaran langsung, sebanyak 17 peserta didik memperoleh nilai sikap dengan kategori sangat baik dan 14 peserta didik memperoleh nilai sikap dengan kategori baik dan rata-rata skor akhir pada sikap sosial setelah pembelajaran yaitu 82,83 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA dan sikap sosial peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 20 Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Sikap Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Florentina Urbania Koten
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:07
Last Modified: 16 Sep 2022 00:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item