Efektivitas Penerapan Teknik Latihan Asertif Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXC SMPN 10 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

MEO, Maria Fatima (2019) Efektivitas Penerapan Teknik Latihan Asertif Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXC SMPN 10 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (164kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik latihan asertif melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IXC SMP Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik latihan asertif melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IXC SMP Negeri Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra eksperimen one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan atas dua yaitu instrumen pengumpulan data berupa angket kepercayaan diri dan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknik latihan asertif melalui layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji t test. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 8,930 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 1 % sebesar 4,032. Dengan demikian nilai thitung > ttabel, maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik latihan asertif melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IXC SMP Negeri10 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1)kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK, guru mata pelajaran maupun wali kelas dalam melancarkan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif agar dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa. 2) Guru bimbingan dan konseling diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa dengan teknik latihan asertif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. 3) Siswa diharapkan agar secara aktif memanfaatkan layanan bimbingan kelompok yang diberikan sehingga memanfaatkan layanan bimbingan kelompok yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Dec 2019 01:45
Last Modified: 05 Dec 2019 01:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item