Perspektif Wartawan Tentang Pernyataan ’’Bad News Is A Good News” Dalan Pemberitaan Covid-19 (Studi Kasus Pada Victory News Kupang)

NUBATONIS, Patriomel Halenanzy (2022) Perspektif Wartawan Tentang Pernyataan ’’Bad News Is A Good News” Dalan Pemberitaan Covid-19 (Studi Kasus Pada Victory News Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “PERSPEKTIF WARTAWAN TENTANG PERNYATAAN BAD NEWS IS A GOOD NEWS DALAM PEMBERITAAN COVID-19 (Studi Kasus Pada Victory News Kupang)”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perspektif wartawan Victory News tentang pernyataan “bad news is good news” dalam pemberitaan covid-19. Peneliti memilih kasus perspektif wartawan tentang pernyataan bad news is a good news dalam pemberitaan covid-19, karena banyak berita yang beredar di masyarakat memberikan efek pada imun masyarakat dalam menghadapi covid-19.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif wartawan Victory News terhadap pernyataan bad news is a good news dalam pemberitaan covid-19. Dalam skripsi ini menggunakan konsep bad news is a good newsmenurut Halberstram. Faktor-faktor yang mempengaruhi isi media yaitu pemilik media, pemasang iklan, audiens, umpan balik. Berita buruk adalah berita baik karena berita buruk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Jenis metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Sementara data yang dikumpulkan yaitu melakukan wawancara berdasarkan pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya dan observasi.Indikator penelitian yaitu kepetingan media dan panic syndrome. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi yaitu penulisan berita di Victory News tidak sekedar mengejar rating tetapi nilai-nilai menjadi fokus dalam berita. Bad news is a good news terkait covid-19 terdapat kepentingan pasar dan panic syndrome bagi para pembaca. Dalam pemberitaan covid-19, media tidak lepas dari kepentingan bisnis. Media dan bisnis adalah seberapa jauh organisasi media massa dapat melaksanakan otonomi dan tetap independen dalam hubungannya dengan pemilik media serta terhadap pihak-pihak yang memberikan pengaruh langsung secara ekonomi kepada media seperti pemegang saham, pemasang iklan dan sponsor. Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa indikator yang ditemukan dalam skripsi ini adalah ada kepentingan pasar dan panyc syndorome. Kedua indikator ini mempunyai pengaruh dalam perspektif wartawan tentang pernyataan “bad news is a good news” dalam pemberitaan covid-19 di Victory News Kupang. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini, disarankan bagi wartawan Victory News dalam penulisan berita terkait covid-19 hendaknya berimbang antara berita baik dan berita buruk, karena bukan hanya berita baik yang memberi manfaat baik, berita buruk pun juga memiliki pengaruh positif bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perspektif, Bad News Is A Good News, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Patriomel Halenanzy Nubatonis
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:06
Last Modified: 15 Sep 2022 01:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8830

Actions (login required)

View Item View Item