Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Penyajian Data Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

TALOIM, Dina Himawati (2019) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Penyajian Data Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (77kB)

Abstract

Pendekatan discover learning merupakan pendekatan yang mendorong peserta didik untuk mengajkan pertanyaan dan menarik kesimpulan dari prinsip-prinsip umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktis. Salah satu poin penting yang harus diperhatikan untuk membentuk kelompok yang heterogen di sini adalah kemampuan akademik siswa. Masing-masing kelompok dapat beranggotakan 4-5 orang siswa. Sesama anggota kelompok berbagi tanggung jawab menyelesaikan tugas kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2018/2019.(2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui kemampuan penyajian data peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2018/2019.(4) (a)mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan komnikasi dengan hasil belajar siswa dalam pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (b) mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan penyajian data dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2018/2019.(c)mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampan komunikasi dan kemampuan penyajian data terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2018/2019.(5)(a)mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019.(b)mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan penyajian data dengan hasil belajar peserta didik dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2018/2019.(c) mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi dan kemampuan penyajian data dengan hasil belajar peserta didik dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan assosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang.(2)Kemampuuan Komunikasi peserta didik kelas XI MIA 5 Negeri 7 Kupang, dinyatakan baik dengan presentasi rata-rata 80%.(3)Kemampuan penyajian data peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang baik dengan nilai rata-rata 71.(4)Ada hubungan antara kemampuan komunikasi dan kemampuan penyajian data terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,97 dan nilai koefisien determinansi (D) = 89%, serta nilai atau 133,8 3,29.(5)Ada pengaruh antara kemampuuan komunikasi dan kemampuan penyajian data terhadap hasil belajar peserta didik yang pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan komunikasi dan kemampuan penyajian data terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 8,9+0,4(X1)+0,7(X2) dan nilai F hitung F tabel atau 133,8 3,29.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi,Kemampuan penyyajian data, Pendekatan discovery learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Dec 2019 01:52
Last Modified: 05 Dec 2019 01:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item