SEKO, Yohana Dorothea Uge Meo (2022) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sistem Koordinasi Di SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (439kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (377kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (280kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang diduga menyebabkan hasil belajar peserta didik selalu rendah adalah model pembelajaran yang digunakan. model pembelajaran yang digunakan belum bisa melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran serta kurang menumbuhkan motivasi dan kreatif peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran yang pada akhirnya berimbas pada hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model project based learning. Model project based learning yaitu model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berangkat dari suatu latar belakang masalah untuk mengerjakan suatu proyek atau aktivitas nyata yang akan membuat siswa mengalami berbagai kendala- kendala kontekstual sehingga harus melakukan investigasi dan pemecahan masalah untuk dapat menyelesaikan proyeknya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sistem koordinasi di SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai posttest pada kelas ekxperimen adalah sebesar 82,67. Sedangkan pada kelas kontrol di peroleh nilai postest sebesar 70,67. Berdasarkan hasil uji anacova satu arah (Analisis of covarianceone way). di peroleh nilai signifikan kelas 0,000 oleh karena nilai signifikan jauh dibawah 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha (model Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) diterima, dan hipotesis H0 (model Problem Based Learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) ditolak. Kesimpulan dari penelitain ini adalah ada pengaruh model Project Based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI Di SMA Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Project Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Pd Yohana Dorotea Uge Meo Seko |
Date Deposited: | 18 Sep 2022 05:33 |
Last Modified: | 18 Sep 2022 05:33 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8860 |
Actions (login required)
View Item |