KEDAN, Martini Ina Dai (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan Di Smp Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
File Abstrak .pdf Download (61kB) |
|
Text
File Bab I .pdf Download (25kB) |
|
Text
File BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
Text
File Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
File Bab IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
File Bab V .pdf Download (20kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri 8 Kupang, ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran yaitu siswa kurang berinteraksi dengan guru maupun dengan teman sekelasnya ketika kesulitan memahami materi yang diajarkan maupun menyelesaikan soal yang diberikan dan siswa lebih banyak diam mendengar informasi tanpa memahami informasi untuk menghubungkan dalam kehidupan sehari-harinya. Hal inilah yang berpengaruh terhadap aktivitas dan motivasi siswa rendah serta berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan di SMPN 8 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dan desain penelitiannya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan pemberian tes yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Tempat penelitian di SMP Negeri 8 Kupang, Kelas VII A yang berjumlah 30 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa 85%, dan ketuntasan klasikal 90%. Rerata ketuntasan proporsi indikator 0,84, dan rerata sensitivitas butir soal 0,30 = 0,47 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Rerata ketuntasan reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96.48, dan rerata ketuntasan pengelolaan pembelajaran oleh guru 98.15. Kesimpulan dari penelitian ini menunujukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok organisasi kehidupan di SMP Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Organisasi Kehidupan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 23:56 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 23:56 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8862 |
Actions (login required)
View Item |