TEMU, Frederikus (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 5 Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (863kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (581kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (589kB) |
Abstract
Dalam melaksanakan pembelajaran di kelas guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan semangat belajar siswa, sehingga proses pembelajaran belum memenuhi standar proses sesuai yang diharapkan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa, peneliti menerapkan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan NHT Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kupang pada Materi Pokok Sistem pencernaan makanan pada Manusia Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII J dan siswa kelas VIII H, dimana siswa kelas VIII J diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas VIII H diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group desain dan analisis data secara inferensial dan deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu sebesar 46.87 meningkat menjadi 79.06. Hasil uji t paired sample t-test pada kelas tipe jigsaw yakni thitung 10.658 > ttabel 2.037 dengan taraf signifikan 5%. Sedangkan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT rata-rata hasil belajar sebesar 39.37 dan sesudah diberi perlakuan meningkat menjadi 60.46. Dilihat juga dari hasil uji t paired sample t-test yakni thitung 11.171 > ttabel 2.037 dengan taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT terhadap hasil belajar biologi pada materi pokok Sistem pencernaan pada Manusia kelas VIII di SMP Negeri 5Kupang 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Tipe NHT, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 00:15 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 00:15 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8865 |
Actions (login required)
View Item |