BESSIE, Karistina (2017) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Division Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas Viii Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di Smpn Oekopa Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
JUDUL - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (320kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran dan rendahnya mutu pembelajaran Biologi, juga siswa kurang antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dan siswa tidak diajarkan strategi belajar yang dapat memahami bagaimana cara belajar yang baik, berpikir kritis dan kreatif. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan Biologi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dimana siswa selalu diberi motivasi untuk saling membantu dan membelajarkan teman sekelompoknya dalam memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran koperatif tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN Oekopa tahun ajaran 2016/2017 dengan Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (THB) lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran tipe student teams achievement division untuk menilai kemampuan guru serta lembar pengamatan aktivitas siswa yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung data di kumpulkan melalui observasi dari tes dan di analisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitiannya menunjukan: (1) hasil belajar siswa mencapai rata-rata 87,75 (2) Ketuntasan klasikal 100% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,88 (4) sensitivitas butir soal 0,48 (5) Peningkatan sebesar 48. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII C pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN Oekopa kecamatan Biboki Tengah Kabupaten Timor Tengah utara tahun ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), sistem pencernaan makanan pada manusia, hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 00:16 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 00:16 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8868 |
Actions (login required)
View Item |