Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Smak Sint. Carolus Penfui Kupang Pada Materi Pokok Virus Tahun Ajaran 2017/2018

SAMA, Antonia Linda Yuliana (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Smak Sint. Carolus Penfui Kupang Pada Materi Pokok Virus Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER LENGKAP.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (278kB)

Abstract

Persoalan terkait pendidikan masih saja dirasakan, salah satunya yaitu hasil belajar siswa rendah yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar dari dalam diri siswa. Banyak upaya telah dilakuakn oleh pendidik untuk mengatasi masalah-masalah terkait hasil belajar siswa. Salah satu diantaranya adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan tipe student teams achievement division berbantuan media audio visual terhadap hasil elajar siswa kelas X SMAK Sint Carolus Penfui Kupang pada materi pokok virus tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi–experimental dengan desain penelitian pretest-posttest non equivalen control group design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, pretest, posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif (analisis skor hasil belajar siswa, analisis data aktivitas siswa dan analisis data keterlaksanaan pembelajaran), analisis inferensial (ANCOVA satu jalur) dan uji t-test (perbedaan rata-rata hasil belajar siswa). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa sebelum tes dan setelah tes dengan menerapkan kooperatif tipe NHT berbantuan media audio visual 51,67 dan 78,79, sedangkan dengan menerapkan model pembelajaran tipe STAD berbantuan media audio visual masinng adalah 45,5 dan 75,6. Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe STAD berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dengan nilia sign. 0,000< 0,01. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas NHT dan kelas STAD dengan nilai thitung 2.093 > ttabel 1997 dengan taraf signifikan 5%. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih berpengaruh daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD, terlihat dari thitung tipe NHT > thitung tipe STAD yaitu thitung 21.349> thitung 18.684 dengan taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAK Sint Carolus Penfui Kupang pada materi pokok virus Tahun Ajaran 2017/2018, ada perbedaan rata-rata hasil belajar antar kelompok dengan tipe NHT dan STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih berpengaruh daripada model pembelajaran koopertaif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model pembelajaran kooperatif, Tipe NHT, Tipe STAD, Media audio visual, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:17
Last Modified: 16 Sep 2022 00:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8873

Actions (login required)

View Item View Item