Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungs Jaringan Tumbuhan Di Smp Negeri 11 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

UHEN, Agustina Benga (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungs Jaringan Tumbuhan Di Smp Negeri 11 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (105kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP Negeri 11 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together (NHT) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP Negeri 11 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, tuntas (83,60) dan secara klasikal, tuntas (92%). Rerata indikator 0,84 (tuntas), dan 0,31 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Rerata reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,24% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,48 (cukup baik), dan rerata reliabilitas instrumennya 97,75% (baik) Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP Negeri 11 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:18
Last Modified: 16 Sep 2022 00:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8875

Actions (login required)

View Item View Item