Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Negeri 1 Fatuleu Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2021/2022

BANAFANU, Irma Widiarti (2022) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Negeri 1 Fatuleu Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah potensi intelektual yang dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Tantangan yang dihadapi peserta didik adalah dituntut untuk menguasai berbagai ketrampilan. Melatih dan meningkatkan ketrampilan berpikir kritis peserta didik. Dalam proses pembelajaran hendaknya menerapkan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar siswa yang aktif, mampu kerja sama antar peserta didik dan dapat memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 1 Fatuleu, Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal uraian dengan jumlah soal sebanyak 7 butir soal. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil yang diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen adalah sebesar 76,34, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 63,24. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon sign rank test diperoleh nilai signifikan 0,00 kurang dari 0,05 dengan demikian model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada materi sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 1 Fatuleu Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Pada Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Irma Widiarti Banafanu
Date Deposited: 18 Sep 2022 05:57
Last Modified: 18 Sep 2022 05:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8880

Actions (login required)

View Item View Item