Pengaruh Citra Merek, Kebutuhan Variasi Dan Fasilitas Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Jeans Pada Ramayana MALL Kota Kupang

LOPIS, Maria Magdalena (2022) Pengaruh Citra Merek, Kebutuhan Variasi Dan Fasilitas Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Jeans Pada Ramayana MALL Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penjualan jeans semua merek di Ramayana Mall Kota Kupang untuk tiga tahun terakhir ini berfluktuasi. Fluktuasi penjualan ini diikuti oleh fenomena Citra merek yang kurang menarik, jeans yang tidak bervariasi dan fasilitas diskon yang kurang menarik. Masalah penelitian ini adalah 1). Bagaimana tanggapan konsumen tentang citra merek, kebutuhan variasi, fasilitas diskon dan keputusan pembelian? 2). Apakah citra merek, kebutuhan variasi dan fasilitas diskon berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian? 3). Apakah citra merek, kebutuhan variasi dan fasilitas diskon berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Ramayana Mall Kota Kupang. Penelitian dilakukan di Ramayana Mall Kota Kupang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 15 dan dikalikan 7, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 105 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan program SPSS Statistic version 22. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel citra merek sebesar 76,38%, variabel kebutuhan variasi sebesar 74,49%, variabel fasilitas diskon sebesar 74,85%, dan variabel keputusan pembelian sebesar 75,93% dengan kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,166X1 + 0,563X2 + 0,257X3. Hasil Uji t untuk variabel citra merek diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,227, variabel kebutuhan variasi sebesar 0,019, variabel fasilitas diskon sebesar 0,000, di mana probabilitasnya lebih kecil dari 0,05, yang berarti variabel citra merek, kebutuhan variasi dan fasilitas diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil Uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra merek, kebutuhan variasi dan fasilitas diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0,00 < dari alpha 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan sebesar 0,685 yang menjelaskan bahwa besaran kontribusi pengaruh variabel citra merek, kebutuhan variasi dan fasilitas diskon terhadap keputusan pembelian sebesar 68,5%, sedangkan sisanya sebesar 31,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sesuai kesimpulan di atas, disarankan kepada Ramayana Mall Kota Kupang, agar lebih memperhatikan merek jeans yang disediakan, menyediakan model jeans yang bervariasi dan diharapkan mampu memberikan fasilitas diskon terhadap setiap penjualan celana jeans yang berada di Ramayana Mall Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Kebutuhan Variasi, Fasilitas Diskon, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Maria Magdalena Lopis
Date Deposited: 18 Sep 2022 14:28
Last Modified: 18 Sep 2022 14:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8896

Actions (login required)

View Item View Item