Analisis Semiotika Makna Pesan pada Game Plants vs Zombies dalam Perspektif Charles Sanders Pierce

LAKE, Ivonny Stephanie (2022) Analisis Semiotika Makna Pesan pada Game Plants vs Zombies dalam Perspektif Charles Sanders Pierce. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)

Abstract

Salah satu game yang memiliki manfaat selain untuk menghibur dan melatih konsentrasi juga memiliki makna pesan yaitu game plants vs zombies. Game plants vs zombies merupakan permainan yang bergenre casual game (video game yang biasanya dibuat ditargetkan untuk khalayak luas). Di dalam game plants vs zombies terdapat simbol-simbol yang bermakna seperti menabung koin. Menabung koin mengandung makna yakni dilatih untuk menabung jika ingin mendapatkan sesuatu dan tidak boleh menggunakan uang sembarangan untuk hal yang tidak berguna. Jika dikaitkan dengan semiotika Charles S. Pierce yang memiliki tanda representament, object, dan interpretant, pada game plants vs zombies akan memiliki makna pesan yang diterapkan di kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan yang terdapat pada game plants vs. zombies dalam perspektif Charles Sanders Pierce. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan secara tidak langsung dengan menggunakan media laptop dan handphone, dapat diketahui bahwa game plant vs zombies ini cukup digemari oleh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penulis bermain game plants vs zombies melalui handphone dan laptop untuk mendapatkan dan menemukan makna pesan. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan yakni game plants vs zombies merupakan permainan komputer ber-genre casual game yang populer saat ini. Charles S. Pierce mengatakan penalaran manusia senantiasa dilakukan melalui tanda. Tanda adalah sesuatu yang berbentuk fisik yang dapat ditangkap oleh panca indera manusia dan merupakan sesuatu yang merujuk (merepresentasikan) hal lain di luar tanda itu sendiri. Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan sebab-akibat). Sedangkan acuan tanda ini disebut objek. Objek atau acuan tanda adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda. Interpretant atau pengguna tanda adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda. Hal yang terpenting dalam proses semiosis adalah bagaimana makna muncul dari sebuah tanda ketika tanda itu digunakan orang saat berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Game Plants vs Zombies, dan Perspektif Charles Sanders Pierce
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Ivonny Stephanie Lake
Date Deposited: 18 Sep 2022 05:01
Last Modified: 18 Sep 2022 05:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8898

Actions (login required)

View Item View Item