MANGGOA, Intan Junfas (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan Di Smpk St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
COVER -DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pemerintah dalam hal ini Depdiknas telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan seperti peningkatan kualitas guru, pengadaan buku pelajaran dan saranan prasarana dan berbagai upaya lainnya tetapi pada kenyataannya masih banyak permasalahan dalam bidang pendidikan salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Numbered Heads Together. Panelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hama dan penyakit pada tumbuhan di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Numbered Heads Together, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Numbered Heads Together dan lembar pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, pretest, posttest dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif (analisis skor hasil belajar siswa, analisis data aktivitas siswa dan analisis data keterlaksanaan pembelajaran), analisis inferensial (ANCOVA satu jalur) dan uji t-test (perbedaan rata-rata hasil belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan rerata ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada saat posttest lebih besar dari pada saat pretest yaitu 91,82 > 58,00 (tuntas) sedangkan rerata ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada saat posttest lebih besar dari pada saat pretest yaitu 89,64 > 59,45 (tuntas). Data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal dan homogen (sig. > 0,01). Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig. 0,008 < 0,01. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antar kelompok dengan tipe TPS dan NHT, terlihat dari nilai thitung 2,874 > ttabel 2,420 (sig. 0,01). Model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih berpengaruh daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT, terlihat dari thitung tipe TPS > thitung tipe NHT yaitu 10,620 > 5,573 (sig. 0,01). Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hama dan penyakit pada tumbuhan di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2016/2017, ada perbedaan rata-rata hasil belajar antar kelompok dengan tipe TPS dan NHT dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih berpengaruh daripada model pembelajaran koopertaif tipe NHT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, hasil belajar siswa, hama dan penyakit pada tumbuhan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 05:24 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 05:24 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8910 |
Actions (login required)
View Item |