Penerapan Teknik Broken Chord Dalam Pola Iringan Irama Waltz Manual Pada Alat Musik Keyboard Melalui Metode Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Keyboard Smpk St. Yoseph Naikoten Kupang tahun 2017

KLAU, Antonius Bernard Thomas Aquino (2017) Penerapan Teknik Broken Chord Dalam Pola Iringan Irama Waltz Manual Pada Alat Musik Keyboard Melalui Metode Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Keyboard Smpk St. Yoseph Naikoten Kupang tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1. Halaman Judul - Daftar Isi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
6. Bab V - Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB)

Abstract

SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yaitu kegiatan yang dilaksanakan di luar jam formal sekolah yang salah satunya adalah kegiatan seni musik. Tetapi pengetahuan dalam bidang musik khususnya permainan alat musik keyboard dalammemainkan teknik iringan yang mereka miliki masih terbatas, sehingga permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yakni bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan mengiringi lagu dengan teknik broken chord dalam pola iringan irama waltz manual melalui metode drill pada alat musik keyboard bagi siswa- siswi minat keyboard SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan mengiringi lagu dengan teknik broken chord dalam pola iringan irama waltz manual melalui metode drill pada alat musik keyboard bagi siswa-siswi minat keyboard SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka berkaitan dengan buku-buku, jurnal, kamus dan sumber internet. Studi lapangan berkaitan erat dengan perolehan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pola iringan irama waltz manual pada alat musik keyboard sangat efektif melalui metode yang diterapkan guru yaitu metode drill yang merupakan cara menerapkan hal yang sama secara berulang-ulang yang diawali dengan memperkenalkan pengertian dan sejarah waltz, unsur musik yang terdiri dari harmoni dan irama atau ritme yang merupakan dasar teori untuk pembelajaran pola iringan irama waltz manual pada alat musik keyboard, penjarian tangga nada C, penjarian trinada C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim, memperkenalkan pola iringan irama waltz manual melalui penerapan akor pokok dengan teknik permainan broken chord dalam irama 3/4 dengan menggunakan tangan kiri. Melatih memainkan pola iringan irama waltz manual dengan tangan kiri dan melodi lagu dengan tangan kanan secara terpisah dan kemudian memainkan pola iringan dan melodi lagu secara bersamaan dengan menggabungkan kedua tangan. Setelah itu peneliti membimbing peserta didik untuk memainkan pola iringan irama waltz manual dengan mengiringi melodi pokok lagu naik-naik ke puncak gunung sambil membaca partitur dengan memperhatikan posisi jari dari peran masing-masing jari dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siswa-siswi minat keyboard, ekstrakurikuler, teknik broken chord, irama waltz manual, metode drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:41
Last Modified: 16 Sep 2022 05:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item