Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Usaha Dan Energi Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

SEUK, Maria Theresia (2015) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Usaha Dan Energi Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (160kB)

Abstract

Model pembelajaran langsung merupakan salah satu model mengajar yang dapat membantu peserta didik mempelajari keterampilan dasar dalam memperoleh informasi yang diajarkan selakah demi selangkah. Model Pembelajaran Langsung diciptakan khusus untuk mempermudah peser-ta didik mempelajari pengetahuan deklaratif dan prosedural yang direncanakan dengan baik. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran materi pokok usaha dan energi pada peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP Swasta Beringin Kupang? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik dalam pembelajaran materi pokok usaha dan energi dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran langsung materi pokok usaha dan energi pada peserta didik kelas VIII SMP Swasta Beringin Kupang Tahun ajaran 2015/2016. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 2) Mendeskripsikan Ketuntasan Indikator Hasil Belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 3) Mendeskrispsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapakan Model Pembelajaran Langsung. Jenis penelitian adalah deskriptif dan subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIII SMP Swasta Beingin Kupang Tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 orang. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok usaha dan energi, tes hasil belajar (produk, afektif dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi perhitungan skor rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan Hasil analisis statistik deskriptif, data penelitian bahwa secara umum penerapan model pembelajaran langsung adalah baik untuk materi pokok usaha dan energi pada peserta didik kelas VIII SMP Swasta Beringin Kupang yang berjumlah 20 peserta didik. 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung yang mencakup: peren canaan perangkat pembelajaran, perencanaan evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran adalah dengan kategori baik dengan skor yang berturut-turut adalah: 3,84; 3,83 dan 3,77. 2) Indikator hasil belajar (produk, afektif dan psikomotor) yang disiapkan dengan kategori baik dengan skor rata-rata adalah 0,83; 0,87 dan 0,82. 3) Hasil belajar peserta didik sebagian besar tuntas dan mengalami peningkatan proporsi jawaban benar peserta didik sebesar 0,60, yakni 0,35 pada tes awal menjadi 0,80 pada tes akhir. 4) Respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang meliputi lima aspek yakni: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, pengelolaan waktu dan suasana kelas dengan kategori baik dengan capain indicator berturut-turut adalah 85%; 81%; 80%; 80%; dan 81% Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa secara umum penerapan Model pembelajaran Langsung materi usaha dan energi dapat diterapkan dengan baik pada peserta didik kelas VIII SMP Swasta Beringin Kupang tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Langsung, usaha energi, Deskriptif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:47
Last Modified: 16 Sep 2022 05:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8920

Actions (login required)

View Item View Item