Analisis Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Kelas Xii Ipa 1 Dengan Xii Ips 3 Serta Implikasi Bagi Pengembangan Program Bimbingan Belajar (Studi Komparatif Kuantitatif Pada Siswa Kelas Xii Ipa 1 Dan Xii Ips 3 Sma Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

Djeninut, Crisensia Natalia (2017) Analisis Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Kelas Xii Ipa 1 Dengan Xii Ips 3 Serta Implikasi Bagi Pengembangan Program Bimbingan Belajar (Studi Komparatif Kuantitatif Pada Siswa Kelas Xii Ipa 1 Dan Xii Ips 3 Sma Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB_V-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Rumusan masalah umum: 1) Apakah ada perbedaan motivasi berprestasi antara siswa kelas XII IPA1 dengan XII IPS3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? 2) Apa implikasi bagi program bimbingan belajar siswa kelas XII xii IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Rumusan masalah khusus: 1) Apakah ada perbedaan aspek mengambil tanggung jawab atas perbuatan-perbuatannya antara siswa kelas XII IPA1 dengan XII IPS3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? 2) Apakah ada perbedaan aspek memperhatikan umpan balik tentang perbuatannya antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? 3) Apakah ada perbedaan aspek mempertimbangkan resiko antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? 4) Apakah ada perbedaan aspek kreatif dan inovatif antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan umum: 1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mengembangkan program bimbingan belajar bagi siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan khusus: 1) Untuk mengetahui perbedaan aspek mengambil tanggung jawab atas perbuatan-perbuatannya antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui perbedaan aspek memperhatikan umpan balik tentang perbuatannya antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mengetahui perbedaan aspek mempertimbangkan resiko antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. 4) Untuk mengetahui perbedaan motivasi aspek kreatif dan inovatif antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 pada SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian: komparatif kuantitatif. Alat pengumpul yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thit = 3,2352 lebih besar dari ttab = 1,6866. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis kecenderungan rata-rata pada siswa kelas XII IPA1 = 144,53 dan siswa kelas XII IPS3 = 136,03. Simpulan penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi berprestasi antara siswa kelas XII IPA 1 dengan XII IPS 3 dan hasil kecenderungan rata-rata menunjukkan siswa kelas XII IPA 1 berada pada kategori tinggi dan siswa kelas XII IPS 3 berada pada kategori sedang. Saran kepada pihak terkait: 1) bagi kepala sekolah, diharapkan bekerja sama dengan personil sekolah dalam pengembangan program bimbingan belajar. 2) Bagi guru BK, diharapkan untuk mengembangkan program bimbingan belajar dan meningkatkan perannya sebagai pembimbing. 3) Bagi siswa, agar mampu memahami, mengembangkan, meningkatkan dan memotivasi diri dalam berprestasi melalui kegiatan bimbingan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:52
Last Modified: 16 Sep 2022 05:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8924

Actions (login required)

View Item View Item