Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Interaksi Sosial Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII C SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

LESON, Romanus O. (2017) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Interaksi Sosial Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII C SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)

Abstract

Judul skripsi: Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Interaksi Sosial Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada siswa kelas VIII C SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Masalah dalam penelitian adalah apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dan interaksi sosial siswa kelas VIII C SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan interaksi sosial siswa kelas VIII C SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri (variabel bebas) dan interaksi sosial (variabel terikat). Sampel penelitian ini adalah sampel populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII C SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data penelitian adalah wawancara tertulis dan alat pengumpul datanya adalah angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson pada taraf signifikansi 1% dengan db =.n – 2 = 21 – 2 =19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rhitung = 0,865. Hasil ini lebih besar dari rtabel = 0,575 atau (rhitung˃rtabel ) atau 0,865˃0,575 pada taraf signifikansi 1%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dan interaksi sosial siswa kelas VIIIC SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada hubungan antara kepercayaan diri dan interaksi sosial siswa kelas VIII C SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 diterima, yakni ada hubungan antara kepercayaan diri dan interaksi sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyampaikan saran kepada: a) Kepala Sekolah selaku pendidik, pemimpin dan pembimbing di sekolah hendaknya dapat meningkatkan kerja sama dengan guru BK dan personil sekolah dalam mengkoordinir kegiatan-kegiatan serta mendamping dan membimbing siswa agar dapat meningkatkan kepercayaan diri dan interaksi sosial siswa. b) Guru BK sebagai penyelenggara bimbingan dan konseling di sekolah diharapkan dapat menjalankan fungsi bimbingan dan konseling dengan baik, serta memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang kepercayaan diri dan interaksi sosial untuk dibimbing dan diarahkan. c) Siswa diharapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah sebagai sarana bantuan untuk mengkosultasikan masalah yang dihadapi pada umumnya, khususnya yang berkaitan dengan kepercayaan diri dan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:56
Last Modified: 16 Sep 2022 05:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8926

Actions (login required)

View Item View Item