Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa(Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXG SMPN 13 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018)

Angi, Adelina Elsa Naya (2017) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa(Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXG SMPN 13 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
HALAMAN JUDUL-ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi siswa kelas IXG SMPN 13 Kupang tahun pelajaran 2017/2018) ?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi siswa kelas IXG SMPN 13 Kupang tahun pelajaran 2017/2018). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung = 0,623 lebih besar dari r tabel = 0,361pada taraf signifikansi 5% artinya ada hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi siswa kelas IXG SMPN 13 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi siswa kelas IXG SMPN 13 Kupang ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi siswa kelas IXG SMPN 13 Kupang diterima, artinya kepercayaan diri menjadi salah satu faktor penentu kemampuan berkomunikasi pada siswa kelas IXG SMPN 13 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengemukakan saran kepada: 1) Kepala sekolah selaku pendidik dan pemimpin di sekolah hendaknya dapat meningkatkan kerjasama dengan konselor dan guru dalam kegiatan pendampingan dan bimbingan bagi siswa agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai sarana untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi. 2) Guru diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri sehingga siswa mampu berkomunikasi dengan baik. 3) Guru BK sebagai penyelenggara bimbingan dan konseling di sekolah diharapkan dapat memberikan arahan dan layanan bimbingan kepada siswa sehingga siswa lebih percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik. 4) Siswa diharapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang diberikan sebagai sarana untuk meningkatkan kepercayaan diri sehingga siswa mampu berkomunikasi dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:58
Last Modified: 05 Dec 2019 02:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item