Pengaruh Sikap Toleransi Dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Hasi Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Koloid Peserta Didik Kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

KAET, Imelda (2018) Pengaruh Sikap Toleransi Dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Hasi Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Koloid Peserta Didik Kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran inkuiri merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri dan dalam pendekatan inkuiri terbimbing peserta didik bekerja untuk menemukan jawaban terhadap masalah yang dikemukakan oleh guru di bawah bimbingan yang intensif dari guru. Masaalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbingmateri pokok koloid pada peserta didik kelas IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana sikap toleransi peserta didik kelas IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan komunikasi peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4)Adakah hubungan sikap toleransi dan kemampuan komunikasi peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbingmateri pokok koloid peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5)Adakah pengaruh sikap toleransi dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbingmateri pokok koloid pada peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbingmateri pokok koloid pada peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui sikap toleransi peserta didik SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 20157/2018 (3) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan sikap toleransi dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbingmateri pokok koloid pada peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (5)Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap toleransi dan kemampuan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok koloid peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang (2) sikap toleransi peserta didik kelas kelas X1 IPA 5 SMA negeri 5 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 83,67% (3) kemampuan komunikasi peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 79,37% (4) Adanya hubungan antara sikap toleransi dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) =0,940 dan nilai koefisien determinansi (D) = 88,52%, serta nilai F ≥ F atau104,128 ≥ 3,354 (5) Adanya pengaruh antara sikap toleransi dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid peserta didik kelas X1 IPA 5 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2017/2018, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh sikap toleransi dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya = 52,884 + 0,269 + 0,172 dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 104,128 ≥ 3,354.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Toleransi , Kemampuan Komunikasi, Pendekatan inkuiri terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 08 Nov 2019 01:53
Last Modified: 08 Nov 2019 01:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item