Efek Informasi Hoax "Link Berhadiah" di Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 2017, Fisip Unwira Kupang, NTT)

HELLO, Yurni Sitriani (2022) Efek Informasi Hoax "Link Berhadiah" di Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 2017, Fisip Unwira Kupang, NTT). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (791kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul : Efek Informasi Hoax “Link Berhadiah” Di Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 2017, Fisip Unwira Kupang, NTT). Mahasiswa merupakan salah satu golongan yang mendapat terpaan hoax link berhadiah tersebut. Secara sederhana, mahasiswa diartikan sebagai orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut, politeknik, atau akademi. Sebagai generasi milenial yang kehidupannya berdampingan dengan gadget, smartphone dan media sosial, kalangan mahasiwa dapat terkena efek atau dampak dari informasi hoax link berhadiah di media sosial Whatsapp. Untuk mengetahui efek informasi hoax melalui media sosial terhadap mahasiswa Ilmu Komunikasi Unwira, maka rumusan masalahnya adalah Bagaimana efek Informasi Hoax “Link Berhadiah” di Media Sosial Whatsapp Pada mahasiswa?. Selanjutnya kerangka pemikiran yang dibuat yakni Perilaku manusia terhadap suatu pesan dapat dianalisis melalui teori Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Responses). Teori S-O-R menjelaskan bahwa komunikasi merupakan proses aksi-reaksi yang berasumsi bahwa kata-kata verbal, nonverbal maupun simbol-simbol tertentu akan merangsang orang lain untuk memberikan respon dengan cara tertentu. Teori S-O-R juga menjelaskan bahwa terdapat 3 unsur penting untuk menganalisis perilaku manusia yaitu pesan (stimulus), Komunikan (Oorganism), Efek (responses). Landasan konseptual yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Terdahulu, Konsep Komunikasi, Konsep Efek Komunikasi dan konsep Media Sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan observasi serta studi. Satuan kajiannya adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univeritas Katolik Widya Mandira Kupang Tahun Angkatan 2017 yang mendapatkan pesan hoax link berhadiah melalui media sosial whatsapp. Hasil penelitian ditemukan, bahwa pesan hoax melalui media sosial whatsapp sejatinya memiliki efek terhadap mahasiswa. Dalam penelitian ini hasil wawancara dianalisis menggunakan konsep Teori S-O-R atau Stimulis, Organism dan Responses yang lebih jauh dikaitkan dengan 3 efek komunikasi yaitu efek kognitif, efek afektif dan efek behavioural. Efek kognitif yang dihasilkan dari pesan hoax media sosial whatsapp ialah minimnya edukasi terkait informasi benar dan hoax dapat mempengaruhi keputusan yang mereka ambil tanpa melakukan crosscheck atau pengecekan kembali sebelum mengikutinya dan selanjutnya setelah menelusuri informasi tersebut barulah mereka mengetahui kebenaran informasinya. Selanjutnya efek efektif yang dirasakan yaitu perasaan senang di awal mendapatkan pesan dan perasaan kecewa setelah mengetahui bahwa pesan tersebut merupakan pesan hoax. Efek behavioral efek yang terjadi akibat pesan hoax link berhadiah yaitu perubahan perilaku mahasiswa yang kurang edukatif karena terpapar hoax menjadi pelajaran bahwa edukasi tentang hoax sangat penting dalam penggunaan media sosial Demikian dapat disimpulkan bahwa informasi atau pesan hoax yang disebarkan melalui media sosial dapat menimbulkan efek terhadap penerimanya dalam hal ini mahasiswa. Efek yang dirasakan antara lain yaitu efek kognitif yang berkaitan dengan pengetahuan mahasiswa, efek afektif berkaitan dengan perasaan senang dan kecewa yang dirasakan mahasiswa dan efek behavioral yang mempengaruhi perilaku edukatif komunikan tentang bahaya hoax media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hoax, Media Sosial, Whatsapp, Link Berhadiah, Efek Media Sosial, Teori S-O-R
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Yurni Sitriani Hello
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:33
Last Modified: 19 Sep 2022 01:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item