Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di Smpn 11 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

BANI, Robertus Wiranata Widya (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di Smpn 11 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (382kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik tentunya dipengaruhi oleh beragam faktor, terdapat tiga faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik, yaitu faktor internal berupa keadaan fisik, kemampuan serta bakat peserta didik. Faktor eksternal berupa faktor yang berasal dari lingkungan serta faktor pendekatan pembelajaran berupa penggunaan model pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di sekolah, Salah satu faktor yang berpengaruh pada hasil belajar peserta didik adalah pendekatan pembelajaran, dalam hal ini penggunaan model pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dipercaya dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran adalah model problem based learning. Model ini merupakan model instruksional yang menantang peserta didik agar belajar bekerja sama dalam kelompok untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok system ekskresi pada manusia di SMPN 11 Kota Kupang Tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik setelah di beri perlakuan model problem based learning yaitu 41,83 naik menjadi 81,67 dan model pembelajaran langsung yaitu 39,97 naik menjadi 76,72. N-gain pada kelas yang menerapkan model problem based learning adalah 0,69, dan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung adalah 0,63. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik hal ini dilihat dari signifikan 0,000> dari signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam menerapkan model problem based learning diperoleh nilai reliabilitas 93,11 dan pembelajaran langsung 88,46. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning diperoleh nilai reliabilitas sebesar 98,11 sedangkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung 97,35. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMPN 11 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Problem Based Learning, Hasil belajar, Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:36
Last Modified: 05 Dec 2019 03:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item