PENERAPAN TEKNIK ARSIR DALAM MENGGAMBAR BENTUK HURUF 3 DIMENSI MELALUI METODE MENIRU PADA SISWA- SISWI KELAS VIII MINAT DAN BAKAT MENGGAMBAR SMP ANGKASA KUPANG

Maing, Yoseph Marianus M. D. (2016) PENERAPAN TEKNIK ARSIR DALAM MENGGAMBAR BENTUK HURUF 3 DIMENSI MELALUI METODE MENIRU PADA SISWA- SISWI KELAS VIII MINAT DAN BAKAT MENGGAMBAR SMP ANGKASA KUPANG. Diploma thesis, Widya Mandira Chatolic University.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Kegiatan menggambar sangatlah bervariasi, mulai dari kegiatan yang paling sederhana seperti menggambar sketsa, mengekspresikan kreasi dan imajinasi kedalam gambar, membentuk kelompok minat dan bakat menggambar sampai pada kegiatan yang paling kompleks yaitu pembelajaran penerapan teknik arsir dalam menggambar bentuk huruf 3 dimensi. Pembelajaran menggambar bentuk huruf 3 dimensi menggunakan teknik arsir pada siswa-siswi minat dan bakat menggambar SMP Angkasa Kupang melalui metode meniru adalah salah satu dari pembelajaran seni menggambar pada kegiatan eksrakurikuler (pengembangan diri) untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi siswa-siswi. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya guru dalam penerapan teknik arsir dalam menggambar bentuk huruf 3 dimensi dengan metode meniru pada siswa-siswi kelompok minat dan bakat menggambar SMP Angkasa Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan teknik arsir dalam menggambar bentuk huruf 3 dimensi pada siswa-siswi minat menggambar SMP Angkasa Kupang, melalui metode meniru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan penelitian tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan peneliti untuk menerapkan teknik arsir dalam menggambar bentuk huruf 3 dimensi siswa-siswi kelompok minat dan bakat menggambar SMP Angkasa Kupang dengan menggunakan metode meniru sangat efektif karena dapat memproduksi suatu karya dan memiliki makna bagi proses belajar siswa-siswi. Proses yang dilakukan adalah: (1) Perekrutan siswa-siswi kelompok minat dan bakat menggambar, (2) Pemberian materi tentang teknik arsir dalam menggambar bentuk huruf 3 dimensi, (3) Membuat sketsa gambar bentuk huruf 3 dimensi oleh peneliti dan ditiru oleh siswa-siswi, (4) Membuat bayangan huruf atau ruangan pada huruf yang sudah dibuat, (5) Membuat arsiran pada gambar huruf yang sudah dibuat bayangan atau pada ruang huruf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik arsir, Bentuk huruf 3 dimensi, Metode meniru, Gambar model, dan Ekstrakurikuler.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: ?? sendratasik ??
Depositing User: Unnamed user with username ande_pati
Date Deposited: 05 Aug 2017 00:57
Last Modified: 05 Aug 2017 00:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item