Analisis Pengelolaan Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada CV Idea Oebufu Kota Kupang

MINGOTU, Natalia Selfina (2019) Analisis Pengelolaan Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada CV Idea Oebufu Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)

Abstract

Rumusan masalahpenelitian adalah : Bagaimana pengelolaan modal kerja pada CV. Idea Oebufu Kupang dan Apakah Pengelolaan Modal Kerja dapat meningkatkan Profitabilitas pada CV.Idea Oebufu Kupang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan modal kerja pada CV. Idea Oebufu Kupang dan untuk mengetahui pengelolaan modal kerja dalam meningkatkan profitabilitas pada CV.Idea Oebufu Kupang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data menurut sifatnya yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dan menurut sumbernya yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa Perputaran modal kerja,Perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan pada CV. Idea Oebufu Kupang selama 4 tahun dari tahun 2014, 2015, 2016, dan 2017 dikatakan tidak efisien dalam mengelola modal kerja, kas, piutang dan persediaan untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan laba, karena tidak memenuhi standar pengukuran yang sehat, sehingga pengelolaan modal kerja tidak secara efisien meningkatkan profitabilitas.Rasio profitabilitas dari perhitungan profit marjin selama 4 tahun tidak efisien dalam menghasilkan laba. Perhitungan ROA selama 3 tahun dari tahun 2014,2016 dan 2017 sebesar 3%, 3%, dan 8% menunjukkan kinerja perusahaan yang kurang baik sedangkan kinerja perusahaan baikhanya pada tahun 2015sebesar 1%. Perhitungan Marjin laba kotor CV. Idea sangat efisien pada tahun 2014, 2015, dan 2017 sebesar 32%, 42%, dan 36% sedangkan tahun 2016 tidak efisien. Perhitungan marjin laba bersih selama 4 tahun dari tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017 sebesar 3%, 16%, 9%, dan 12%, tidak efisien dalam mengendalikan biaya karena relatif sangat rendah.Kesimpulan Perputaran modal kerja, Perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan pada CV. Idea Oebufu Kupang selama 4 tahun dari tahun 2014-2017 dikatakan tidak efisien. Profitabilitas CV. Idea pada perhitungan marjin laba kotor sangat efisien selama 3 tahun.Saran yang dapat diberikan kepada CV. Idea Oebufu Kupang adalah Harus mengelola Modal Kerja dengan baik, dalam hal ini CV. Idea harus menggunakankas secara efisien dan efektif sehingga tidak terjadi kas yang menganggur sehingga laba yang dihasilkan dengan baik. Lebih giat menagih piutang agar tidak terjadinya piutang yang tidak tertagih.Perlu mengendalikan biayadengan baik sehingga laba bersih pada perusahaan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran modalkerja, Perputaran kas,Perputaran persediaan, Perputaran piutang, Marjin laba, Marjin laba kotor, Marjin laba bersih, ROA.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:42
Last Modified: 05 Dec 2019 03:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item