Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Kemampuan Penalaran Formal Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik (Scientific) Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Kelas X Mia Sma Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

LELAP, Sumendri Rambu Epa (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Kemampuan Penalaran Formal Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik (Scientific) Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Kelas X Mia Sma Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran salah satu faktor yang harus dibutuhkan adalah penalaran formal. Penalaran formal adalah suatu proses berpikir untuk melakukan penarikan sebuah konklusi atau kesimpulan terhadap suatu masalah yang berupa pengetahuan. Pendekatan Saintifik (scientific) adalah proses pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara logis dan analitis. Tujuan dari penellitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik (scientific) pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA 4 dan 5 SMA Negeri 6 Kupang. (2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa kelas X MIA 4 dan 5 SMA Negeri 6 Kupang. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan hasil belajar siswa pada kemampuan penalaran formal dengan menerapkan pendekatan saintifik (scientific) pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA 4 dan 5 SMA Negeri 6 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas X MIA 4 dan 5 SMA Negeri 6 Kupang berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (scientific), lembar pengamatan pengetahuan siswa, lembar pengamatan sikap spiritual siswa dan angket, lembar pengamatan sikap sosial siswa dan angket, Tes Hasil Belajar (THB), lembar psikomotor, tes penalaran formal peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan komparatif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan santifik (scientific) termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor 3,67 dan 3,72. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik (scientific) adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata-rata 88,53 (b) Aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 99,84 (c) Aspek pengetahuan tuntas dengan skor 84,5, (d) Aspek ketrampilan tuntas dengan skor 91. (2) Siswa kelas X MIA 4 dan 5 SMA Negeri 6 Kupang yang memiliki 22 siswa dengan penalaran formal, 19 siswa dengan awal penalaran, 17 siswa dengan penalaran transisi, 2 siswa dengan penalaran konkrit. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kemampuan penalaan fomal yang menerapkan pendekatan saintifik (scientifik) pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 8,5 ≥ 2,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelaran Formal, Pendekatan santifik (scientific), dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Sep 2022 23:43
Last Modified: 20 Sep 2022 23:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9051

Actions (login required)

View Item View Item