Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Berbagai Kemampuan Penalaran Formal Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Scientifik Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas Xi Ipa Sman 7 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

KONI, Stephani Roswita (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Berbagai Kemampuan Penalaran Formal Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Scientifik Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas Xi Ipa Sman 7 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
halaman depan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (228kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kemampuan penalaran formal. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara logis dan analitis. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3-4 SMA Negeri 7 Kupang. (2 Untuk mengetahui kemampuan penalaran formal siswa kelas XI IPA 3-4 SMA Negeri 7 Kupang. (4). Mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga Siswa kelas XI SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Populasi dan sampelnya yaitu seluruh siswa kelas XI IPA 3-4 SMA Negeri 7 Kupang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik, lembar pengamatan kemampuan psikomotor siswa, lembar sikap spiritual siswa, lembar sikap sosial siswa, Tes Hasil Belajar (THB), lembar aspek psikomotor, tes kemampuan penalaran formal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,67 dan 3,72. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata–rata 82,96 (b) aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 84,26 (c) aspek kognitif tuntas dengan skor 83,23 (d) aspek psikomotor tuntas dengan skor 84,47. 2). Kemampuan penalaran formal siswa kelas XI IPA 3-4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang telah mencapai penalaran formal 36,9 % dan yang belum mencapai penalaran formal 63 % .Berdasarkan data hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahawa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada berbagai penalaran formal dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3-4 SMA N 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan harga Thitung> Ttabel atau 2,24 > 2,0

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Formal, Pendekatan Saintifik dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Sep 2022 23:46
Last Modified: 20 Sep 2022 23:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9057

Actions (login required)

View Item View Item