SAEFATU, Senglisara Yulida (2017) Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal Dan Ketelitian Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Siswa Kelas X Mia 3 Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
COVER.pdf Download (615kB) |
|
Text
REVISI BAB 1.pdf Download (305kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
|
Text
BAB IIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (296kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan pendekatan scientific adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, hokum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mmengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasiakan konsep, hokum atau prinsip yang ditemukan. Dalam pendekatan ini, bantuan guru juga diperlukan. Akan tetapi bantuan guru tersebut harus semakin berkurang dengan semakin bertambah dewasanya siswa atai semakin tingginya kelas siswa. dapat dikatakan bahwa dengan pendekatan scientific ini siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada siswa kelas X MIA 3 SMA negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan penalaran formal siswa kelas X MIA 3 SMA negeri 5 Kupang tahun ajaran 206/2017? (3) Bagaimana ketelitian siswa keas X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan kemampuan penalaran formal dan ketelitian siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (5) Adakah pengaruh kemampuan penalaran formal dan ketelitian siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada siswa kelas X MIA 3 SMA negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran formal siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mengetahui ketelitian siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (4) Untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran formal dan ketelitian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (5) untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran formal dan ketelitian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan scientific efektif pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Kemampuan penalaran formal siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang berada pada awal formal dengan nilai rata-rata TKPF sebesar 42,77 (3) Ketelitian siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata tes ketelitian sebesar 71,91 atau nilai tes ketelitian 509,44 (4) Ada hubungan antara kemampuan penalaran formal dan ketelitian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rX1X2Y = 0,87 (5) Ada pengaruh kemampuan pealaran formal dan ketelitian tehadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi X MIA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 dengan persamaan garis regresi ganda a + b1X1 + b2X2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 23:50 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 23:50 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9061 |
Actions (login required)
View Item |