NASCIMENTO, Maria Carolina (2017) Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Termokimia Peserta Didik Kelas Xi Ipa 1 Sma Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB-I.pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
|
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
|
Text
BAB-V.pdf Download (248kB) |
Abstract
Pendekatan Discovery Learning merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada keaktifan yang berpusat pada peserta didik dimana seorang pendidik hanya memberikan informasi yang masih mentah atau konsep secara garis besar sehingga peserta didik dapat mencari tahu sendiri dan dapat memecahkan masalah yang diberikan atau menarik kesimpulan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018?(2) Bagaimana tipe kepribadian peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018? (3) Adakah hubungan antara tipe kepribadian terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018?(5) Adakah pengaruh antara tipe kepribadian terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui tipe kepribadian peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tipe kepribadian terhadap hasil belajar kimia iii dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara tipe kepribadian terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok termokimia pada peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Tipe Kepribadian peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang dengan 6 peserta didik tipe introvert dan 25 peserta didik tipe ekstrovert memiliki nilai rata-rata angket tipe kepribadian sebesar 82,78125 termasuk dalam kategori baik. (3) Ada hubungan antara tipe kepribadian terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (5) Ada pengaruh antara tipe kepribadian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe Kepribadian, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 23:53 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 23:53 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9068 |
Actions (login required)
View Item |