Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Titrasi Asam Basa Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

DA SILVA, Felizarda Marina R. (2018) Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Titrasi Asam Basa Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (810kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (200kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pada teori kontruktivisme, dimana dalam teori ini dikatakan bahwa siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya apabila aturan-aturan itu tidak lagi disesuaikan. Satu prinsip paling penting dalam teori ini adalah bahwa guru tidak hanya sekedar memberi pengetahuan kepada siswa tetapi siswa harus membangun sendiri pengetahuan didalam benaknya. Proses pembelajaran dengan pendekatan discovery learning dirancang sedemikian rupa agar siswa aktif dalam pembelajaran melalui tahapan-tahapan stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana ketelitian siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana Motivasi Intrinsik siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan ketelitian dan motivasi intrinsik siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh ketelitian dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui ketelitian siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui motivasi intrinsik siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan ketelitian dan motivasi intrinsik siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learnig pada materi pokok titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh ketelitian dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok titrasi asam basa pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Ketelitian siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata ketelitian sebesar 69 (3) Motivasi Intrinsik siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori kuat dengan persentase sebesar 77% (4) Ada hubungan antara ketelitian dan motivasi intrinsik siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,767 (5) Ada pengaruh antara ketelitian dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Ketelitian, Motivasi Intrinsik, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 05 Dec 2019 05:06
Last Modified: 05 Dec 2019 05:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item