Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Yang Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

GADI, Triratna A. (2018) Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Yang Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1 Abstrak.pdf

Download (271kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (178kB)

Abstract

Ketelitian merupakan kemampuan psikomotor yang bersifat keterampilan. Kemampuan psikomotor ini meliputi gerakan tangan, ketrampilan jari-jemari dan koordinasi mata dengan tangan, yang pada dasarnya ditunjang kemampuan penglihatan. Motivasi intrinsik, yaitu motivasi yang datang secara alamiah atau murni dari diri peserta didik itu sendiri sebagai wujud adanya kesadaran diri (self awareness) dari lubuk hati yang paling dalam. Pembelajaran contextual teaching ang learning merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam mengaitkan materi yang dipelajarinya dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan melibatkan tujuh komponen pembelajaran efektif. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana Ketelitian peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana Motivasi Intrinsik peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan ketelitian dan Motivasi Intrinsik peserta didik terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Untuk Mengetahui efektifitas pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui ketelitian peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui motivasi intrinsik peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan ketelitian dan motivasi intrinsik peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning efektif pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit pada peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Ketelitian peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan nilai 80 (3) Motivasi intrinsik peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 20172018 termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata motivasi intrinsik sebesar 76% (4) Ada hubungan antara ketelitian dan motivasi intrinsik peserta didik dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,507 (5) Ada pengaruh antara ketelitian dan motivasi intrinsik peserta didik terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 persamaan regresi ganda .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketelitian, motivasi intrinsik, Pendekatan contextual teaching and learning dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 05 Dec 2019 05:09
Last Modified: 05 Dec 2019 05:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item View Item