Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Berbagai Tipe Kepribadian Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Ipa 2 Dan Xi Ipa 4 Sma Negeri 7 Kupang Tahun Akademik 2016/2017

NDOA, Maria Sendri FebriyaniI (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Berbagai Tipe Kepribadian Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Ipa 2 Dan Xi Ipa 4 Sma Negeri 7 Kupang Tahun Akademik 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (67kB)

Abstract

Kepribadian adalah suatu organisasi psichophysis yang dinamis dari sistem psikofisis pada seseorang yang menyebabkan ia dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, prinsip melalui tahap-tahap mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini untuk: 1). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Secara terperinci dapat dituliskan sebagai berikut; a). Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017. b). Untuk mengetahui ketuntasan indikator dalam pembelajaran yang menerapakan pendekatan saintifik pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017. c). Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017? 2). Untuk mengetahui tipe kepribadian siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017. 3).Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan berbagai tipe kepribadian yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan Komparatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) efektif penerapan pendekatan scientifif meliputi: a) Guru mampu mengelolah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok system koloid yang ditunjukkan dengan skor rata-rata sebesar 3,584 di kelas XII IPA 2 dan 3,588 di kelasXII IPA 4 termasuk dalam kategori baik. 2) Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik meliputi: a) Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spiritual (KI-1) diperoleh dari rata-rata proporsi indikator angket dan observasi sebesar 0,89 dan 0,87 dinyatakan tuntas. b) Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) diperoleh dari rata-rata proporsi indikator angket dan observasi sebesar 0,88 dan 0,82 dinyatakan tuntas c) Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) diperoleh dari rata-rata proporsi indikator THB sebesar 0,91 dinyatakan tuntas.d)Ketuntasan indikator hasi belajar ketrampilan (KI4) diperoleh dari rata-rata proporsi indikator psikomotor, presentasi, portofolio dan THB proses sebesar 0,86 , 0,84, 0,86, dan 0,85 dinyatakan tuntas. 3) ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik meliputi: a) Ketuntasan hasil belajar sikap spiritual (KI-1) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 82,43. b)Ketuntasan hasil belajar sikap sosial (KI-2) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 83,19. c). Ketuntasan hasil belajar pengetahuan (KI-3) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 82,92.d) Ketuntasan hasil belajar keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 85,04. 3) Kemampuan tipe kepribadian siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017 dengan presentase rata-rata angket sebesar 76,56 % dengan kategori baik. 4) Ada perbedaan hasil belajar siswa dengan tipe kepribadian yang berbeda-beda dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2016/2017 yang diperoleh dari uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 7.61 dan t table sebesar 2,00 maka t hitung ˂ t tabel adalah signifikan.Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki tipe ekstrofet dan introfet dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMA Negeri 7 kupang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:14
Last Modified: 21 Sep 2022 00:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9100

Actions (login required)

View Item View Item