Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Gaya Belajar Yang Menerapkan Model Problem-Based Lerning (Pbl) Pada Materi Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 8 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

RADA, Yohanes Saverius (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Gaya Belajar Yang Menerapkan Model Problem-Based Lerning (Pbl) Pada Materi Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 8 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)

Abstract

Fenomena pembelajaran saat ini, siswa merasa kesulitan dalam belajar kimia. Kimia masih dianggap pelajaran yang membosankan bagi siswa. Bahkan siswa merasa takut pada guru kimia, karena dalam pandangan siswa seorang guru kimia kebanyakan galak, membosankan, dan siswa merasa kesulitan untuk menerima pelajaran kimia. Dalam proses belajar mengajar tetutama pada kimia seharusnya baik guru dan peserta didik saling menyenangkan, khususnya pada siswa seharusnya guru membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan, efektif dan efesian. Dalam belajar, siswa memiliki karakteristik atau cara belajar yang berbeda-beda yang dikenal dengan gaya belajar. Ada siswa yang memiliki gaya belajar audio, ada yang gaya belajarnya visual, dan adapula yang gaya belajarnya kinestetik. Dari ketiga gaya belajar tersebut siswa audio kemampuannya melalui pendengaran, siswa visual, kemampuannya melalui penglihatan, dan siswa kinestetik dengan bergerak atau menyentuh. Model Problem-Based Learning (PBL) merupakan strategi pembalajaran yang melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dan mengintegrasikan berbagai konsep dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu. Strategi ini meliputi mengumpulkan dan menyatuhkan informasi, mempresentasikan penemuan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Problem-Based Learning (PBL)pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kupang. 2) Untuk mengetahui berbagai gaya belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kupang. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan hasil belajar siswa pada berbagai gaya belajar dengan menerapkan pendekatan Problem-Based Learning (PBL)pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kupang Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah komparasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa dan observasi untuk memperoleh data prestasi belajar kimia Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kupang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan Model Problem-Based Learning (PBL), pengamatan kemampuan psikomotor siswa, lembar sikap spiritual siswa, lembar sikap sosial siswa, Tes Hasil Belajar (THB), lembar aspek psikomotor, lembar angket gaya belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Problem-Based Learning (PBL)termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 95,78. Ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan Modeel Problem-Based Learning (PBL)adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata-rata 90,7 (b) Aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 85,1 (c) Aspek pengetahuan tuntas dengan skor 87, (d) Aspek keterampilan tuntas dengan skor 88,08. (2) Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kupang yang memiliki gaya belajar visual sebanyak 22 orang dengan rata-rata nilai 89,4, yang memiliki gaya belajar auditory sebanyak 17 orang dengan rata-rata nilai 885,6, dan yang memiliki gaya belajar kinestetik sebanyak 25 orang dengan nilai ratarata 89. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada berbagai gaya belajar yang menerapkan Model Problem-Based Learning (PBL)pada materi sistem koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan nilai atau 8,842 ≥ 2,992

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, hasil belajar, Model Problem-Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:17
Last Modified: 21 Sep 2022 00:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9107

Actions (login required)

View Item View Item