Pengaruh Kreativitas (Non Aptitude) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Dan Oksidasi Peserta Didik Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

MODOK, Feldian Ristmas (2018) Pengaruh Kreativitas (Non Aptitude) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Dan Oksidasi Peserta Didik Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)

Abstract

Kreativitas sendiri adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang ada. Kreativitas (non-aptitude) yaitu ciri-ciri yang lebih berkaitan dengan sikap dan motivasi dari dalam diri untuk berbuat sesuatu. Motivasi berprestasi merupakan daya penggerak dalam diri peserta didik untuk mencapai taraf prestasi akademik yang setinggi mungkin demi penghargaan terhadap diri sendiriPembelajaran dengan pendekatan Discovery Learning pada dasarnya mengacu pendapat Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperanan secara aktif di dalam belajar di kelas. Untuk itu Bruner memakai cara dengan apa yang disebutnya discovery learning. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsep-konsep maupun prinsip-prinsip. Guru mendorong peserta didik agar terlibat dalam pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga peserta didik menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan s Discovery Learning materi pokok reaksi reduksi oksidasi padapeserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kreativitas non aptitude peserta didik kelas X IPA 1 SMA negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana motivasi berprestasi peserta didik kelas X 1 IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kreativits non aptitude dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan Discovery Learning materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kreativitas non aptitude dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan Discovery Learning materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan s Discovery Learning materi pokok reaksi reduksi oksidasi padapeserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Untuk mengetahui kreativitas non aptitude peserta didik kelas X IPA 1 SMA negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Untuk mengetahui motivasi berprestasi peserta didik kelas X 1 IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) untuk mengetahui hubungan kreativits non aptitude dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan Discovery Learning materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas non aptitude dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan Discovery Learning materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan Discovery Learning efektif pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) Kreativitas Non aptitude kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 82 (3) Motivasi berprestasi peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata tes ketelitian sebesar 83 (4) Ada hubungan antara kreativitas non aptitude dan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi pesrta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rX1X2Y = 0,82 (5) Ada pengaruh kreativitas non aptitude dan motivasi berprestasi tehadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan persamaan garis regresi ganda =a + b1X1 + b2X2=4,267+0,156 +0,822 X2 .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Discovery Learning, Kreativitas Non aptitude, Motivasi Berprestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 05 Dec 2019 05:11
Last Modified: 05 Dec 2019 05:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item